PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)

20 Sep 2019 | 10:00 WIB

Menggunduli Bayi Baru Lahir, Benarkah Membuat Rambut Jadi Lebih Lebat?

Menggunduli Bayi Baru Lahir, Benarkah Membuat Rambut Jadi Lebih Lebat?

Benarkah Rambut Bayi Jadi Lebih Lebat Setelah Digundul?

Share:

Sejak dulu, mencukur habis rambut atau menggunduli bayi yang baru lahir sudah menjadi tradisi bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Alasannya beragam, ada yang beranggapan rambut bayi baru lahir adalah “rambut sawan”, sehingga harus dicukur habis. Ada pula yang menggunduli bayi dengan alasan untuk membersihkan dari berbagai kotoran selama berada di kandungan.

Alasan lain yang sering ditemui yaitu supaya kelak rambut sang bayi tumbuh lebih lebat dan lebih indah setelah dicukur habis, sehingga bayi tampak lebih lucu. Benarkah demikian?

Serba Serbi Rambut Bayi Baru Lahir

Bayi baru lahir secara umum memiliki rambut tipis sehingga terlihat hampir botak. Namun, ada pula bayi baru lahir yang dikaruniai rambut tebal. Kondisi rambut bayi baru lahir ini tidak bersifat permanen dan tidak menjadi acuan rambut ketika dewasa kelak.

Rambut bayi baru lahir disebut velus, bertekstur halus, tipis dan berwarna lembut. Rambut mulai tumbuh saat janin berusia 5-6 bulan di dalam kandungan. Saat bayi berusia 3-4 bulan, velus akan rontok perlahan-lahan hingga berganti semua menjadi rambut permanen. Proses ini berlangsung hingga bayi berusia 1 tahun.

Saat bayi menginjak usia 1 tahun, struktur rambut mulai berbeda. Helai rambut lebih kasar dan tebal, pigmen rambut mulai terlihat mengikuti warna rambut orang tua. Rambut anak berusia di atas 1 tahun disebut rambut terminal.

Rambut bayi juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Warna rambut, bentuk folikel rambut, ketebalan helai rambut tidak akan jauh berbeda dari orang tua atau kakek-neneknya.

BACA JUGA: Waspadai Kebotakan Pada Anak

Menggunduli Rambut Bayi Membuatnya Tumbuh Lebih Lebat?

Jumlah folikel rambut bayi sudah tetap sejak lahir dan tidak berubah hingga dewasa. Jadi tidak perlu khawatir bila anak Anda lahir dengan rambut tipis atau botak, karena rambutnya pasti akan tumbuh. Sebaliknya, rambut lebat bayi baru lahir tidak menjamin rambutnya akan lebat juga nantinya. Jadi, menggunduli bayi tidak akan membuat rambutnya tumbuh lebih lebat, karena lebat tidaknya rambut bayi ditentukan jumlah folikel rambut yang sudah tetap sejak lahir.

Manfaat dari mencukur habis rambut bayi adalah untuk mempermudah melihat apakah ada iritasi, bisul atau gangguan lainnya di kulit kepala bayi, sehingga juga lebih mudah diobati. Kepala bayi lebih mudah berkeringat; dengan mencukur habis rambut bayi, akan membuat kepala bayi lebih adem karena adanya sirkulasi udara yang lebih baik di kepala bayi.

Perlukan Menggunakan Losion Rambut?

Penggunaan losion rambut pada kepala bayi bukan untuk menambah jumlah folikel rambut sehingga lebih lebat, melainkan untuk memberikan nutrisi yang dapat memperkuat akar rambut, dan menambah volume helai rambut sehingga tampak lebih tebal. Penggunaan losion rambut juga tidak boleh dilakukan secara berlebihan untuk mencegah reaksi iritasi di kulit kepala bayi.  Jadi, orang tua tidak wajib menggunakan losion rambut pada bayinya, karena secara alami, rambut bayi akan tumbuh sesuai usianya.

BACA JUGA: Kepala Bayi Anda Berkerak? Baca Artikel Berikut