PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)

E-Consultation

  • Ruam dan vesikel
    1 Oct 2019 | 09:47 WIB
    Anak perempuan saya usia 3 tahun, 1 minggu ini mengalami ruam dan vesikel di ke 4 extremitasnya.. Dimulai dari tungkai bawah kanan-kiri dan semakin melebar. Saya menemukan jg ada vesikel di sela2 jari tangan dan kaki..
    Karena saya curigai scabies yg didapat dari sekolah saat bermain, saya coba berikan permethrin 5% yg dioleskan malan hari dibiarkan 8 jam, namun tdk berkurang gatalnya dan terus bertambah ruam dan vesikelnya ???? sudah coba diberikan krim yg mengandung kortikosteroid namun jg sama saja..
    Vesikel dan hanya ada di ke 4 anggota gerak, tdk ada di punggung maupun dada dan perut, ada sedikit di bokong..
    mohon advisnya dokter.. Terima kasih banyak...
  • 2 Mar 2020 | 07:30 WIB

    Selamat siang bapak/Ibu

    Terima masih atas pertanyaannya. Jika buah hati mengalami masalah kulit, dan terlebih telah dicoba berbagai pengobatan namun nampkanya belim memberikan hasil yang diharapkan, sebaiknya segera dibawa ke dokter spesialis kulit dan kelamin ( SpKk) supaya dapat diperiksa lebih lanjut.

    Perihal vesikel dan ruam di keempat ekstremitas maupundi sela jari dapat saja memberikan gambaran yang tidak terlalu khas. Pada pemeriksaan langsung oleh dokter SpKK diharapkan dapat segera ditegakan diagnosis yang tepat sehingga dapat dilakukan pengobatan yang sesuai.

    Skabies memang dapat memerikan gambaran yang bervariasi, oleh sebab itu sering disebut dengan istilah penyakit “the great imitator” karena sering kali menyerupai penyakit kulit lainnya. Oleh sebab itu kondisi buah hati bapak/ibu sebaiknya segera diobati supaya tidak terjadi perburukan lebih lanjut atau penularan ke lingkungan.

    Mohon maaf kami belum dapat menjawab secara spesifik permasalah bapak/ibu dikarenakan perlunya pemeriksaan langsung kondisi kulit sang buah hati.

    Semoga kondisi buah hati bapak/ibu dapat segera ditangani dengan baik.

    Salam.


    Salam,
    Dr. Margaretha Indah Maharani, Sp.KK