PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)

PENGARUH LISAT PLATELET FASE SIKLUS MENSTRUASI TERHADAP AKTIVITAS FIBROBLAS KULIT MANUSIA

Share:

Lisat platelet dari platelet rich fibrin (PRF) adalah material berisi growth factors, estradiol (E2), dan leptin. Pada fase ovulasi (FO) dijumpai kadar E2, jumlah platelet, dan leukosit tertinggi, dimana interaksinya dapat menghasilkan growth factors yang meningkatkan aktivitas fibroblas dermis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek lisat platelet dari PRF fase bleeding (FB) dan FO pada aktivitas fibroblas dermis.

Biakan fibroblas dermis dibedakan menjadi 3 kelompok, biakan dalam media kultur dan fetal bovine serum (FBS) 1% sebagai kontrol negatif, biakan dalam media kultur dan FBS 10% sebagai kontrol positif. Kelompok perlakuan adalah biakan fibroblas yang diberi lisat platelet dari PRF FB dan FO 10%, 20%, dan 40% selama 72 jam.

Perbedaan bermakna (p<0,05) dijumpai pada rerata indeks proliferasi antara kelompok kontrol positif dengan fibroblas terpajan lisat platelet dari PRF FB dan FO 20% dibandingkan dengan kontrol negatif, serta rerata densitas optik (DO) timbunan kolagen dari fibroblas yang diberi lisat platelet dari PRF FB dan FO 20% dibandingkan dengan semua kelompok kontrol. Tidak ada perbedaan bermakna (p>0,05) pada rerata indeks proliferasi dan DO timbunan kolagen antara kelompok fibroblas yang terpajan semua konsentrasi lisat
platelet dari PRF FB dan FO. Peningkatan aktivitas fibroblas dermis oleh lisat platelet dari PRF FO tidak berbeda dibandingkan dengan lisat platelet dari PRF FB.


Kata kunci: lisat platelet platelet rich fibrin fase bleeding fase ovulasi fibroblas kolagen