PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)

HUBUNGAN KADAR LIPID DALAM DARAH DENGAN DERAJAT KEPARAHAN PSORIASIS VULGARIS DI RSUD dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

Share:

Psoriasis vulgaris adalah peradangan kronik pada kulit akibat pertumbuhan dan diferensiasi epidermis abnormal disertai kelainan imunologik, vaskular, dan biokimiawi. Lipid merupakan salah satu faktor yang memengaruhi peradangan dan derajat keparahan psoriasis vulgaris.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi kadar lipid dalam darah dengan peningkatan derajat keparahan psoriasis vulgaris.

Metode penelitian dilakukan dengan rancangan potong lintang, sejak bulan Januari 2018 sampai September 2018 di Poliklinik Kulit dan Kelamin RSUD dr. Zainoel Abidin (RSUDZA), Banda Aceh. Dua puluh tiga pasien memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi secara consecutive sampling. Semua pasien dilakukan pemeriksaan kadar lipid dan diukur derajat keparahan psoriasis menggunakan skor psoriasis area severity index (PASI).

Hasilnya didapatkan distribusi pasien laki laki lebih banyak yaitu 52,2%, dan rentang usia terbanyak 30-39 tahun (30,4%). Hubungan yang bermakna didapatkan antara kadar kolesterol total, trigliserida, high density lipoprotein/HDL, dan low density lipoprotein/LDL dengan peningkatan derajat keparahan psoriasis vulgaris (p=0,000). Nilai korelasi masing masing berdasarkan Spearman’s berturut-turut adalah 0,689, 0,689, 0,694 dan 0,783. Peningkatan kadar lipid dalam darah yaitu kolesterol total, trigliserida, HDL, dan LDL dapat memengaruhi derajat keparahan penyakit psoriasis vulgaris.


Kata kunci: psoriasis vulgaris skor PASI profil lipid