PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)

7 Sep 2018 | 10:00 WIB

Kondisi Kulit yang Harus Diperhatikan pada Lanjut Usia

Kondisi Kulit yang Harus Diperhatikan pada Lanjut Usia
Share:

Orangtua atau kakek nenek Anda mengalami masalah kulit yang serius? Berikut ini adalah kondisi kulit mereka yang harus Anda perhatikan terutama saat merawatnya.

Seiring dengan bertambahnya usia, kulit manusia pun mengalami sejumlah perubahan. Kondisi kulit di usia lanjut ini umumnya tergantung pada beberapa faktor: gaya hidup selama ini, faktor diet, keturunan, dan kebiasaan pribadi lainnya (seperti merokok, hobi minum minuman beralkohol, dan lain-lain).

Selain itu pajanan sinar matahari merupakan penyumbang cukup besar dalam merusak kulit. Sinar ultraviolet (UV) matahari dapat mempercepat proses penuaan dengan memecah jaringan elastis (elastin) di kulit dan menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya, melorot, berkerut, dan menimbulkan bercak pigmentasi yang tidak merata. Bahkan dalam jangka panjang kadang-kadang memicu pertumbuhan kelainan kulit pra-kanker hingga kanker kulit.

Faktor lain yang berkontribusi pada penuaan kulit termasuk hilangnya jaringan lemak antara kulit dan otot, stres, gravitasi, gerakan wajah harian (tersenyum dan mengerutkan kening, misalnya), dan obesitas.

Kondisi Kulit Umum yang Terjadi pada Lansia
 

Keriput: Keriput merupakan tanda penuaan kulit yang paling jelas terlihat. Mereka mengikuti paparan sinar matahari kronis dan terbentuk ketika kulit kehilangan fleksibilitasnya. Perokok cenderung memiliki lebih banyak keriput daripada bukan perokok.


Garis tawa: Garis-garis ini menjadi lebih terlihat karena kulit kehilangan elastisitasnya (dimulai di usia 40-an atau 50-an). Garis-garis tersebut terlihat jelas berbentuk horizontal di dahi, vertikal di atas hidung, atau melengkung di pelipis, pipi bagian atas, dan di sekitar mulut dan mata.
 

Kulit kering dan gatal: Kulit kering dan gatal adalah masalah umum di kalangan orang dewasa, terutama orang tua. Berkurangnya produksi kelenjar minyak (yang membantu menjaga kulit tetap lembut), dan berkurangnya produksi natural moisturizing factors  adalah di antara penyebab utama kulit kering.


Kanker kulit: Pajanan sinar matahari (radiasi UV) adalah penyebab paling umum dari pra-kanker dan kanker kulit, baik karsinoma sel basal atau karsinoma sel skuamosa.


Noda hitam dan putih: Bercak hitam atau berwarna kecoklatan dan putih ini biasanya  muncul di bagian tubuh yang terpapar sinar matahari (wajah, tangan, dan lengan bawah), terutama ketika usia lanjut dan terpapar selama tahun-tahun.


Luka baring: luka baring akibat tekanan yang terus menerus selama berbaring dapat berbentuk luka lecet sampai borok yang dalam. Luka baring adalah masalah yang cukup umum pada orang tua yang mengalami kesulitan bergerak sendiri. Lansia yang menderita diabetes lebih rentan terhadap luka baring karena sirkulasi darahyang buruk dan penurunan indera perasa di kulit mereka. Rotasi yang sering atau sesering mungkin posisi mereka dipindahkan, akan membantu mencegah luka baring.

 

1v1.LOL affen spiele jetzt spielen bloons td 5 unblocked kahoot bot spammer unblocked redspot tv
subway surfers online 1001 spiele kostenlos haberler ----------------------
sozyaz.com cheataimbot.com 1v1 lol unblocked aktüel ürünler kataloğu