PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)

E-Consultation

Untuk memudahkan pasien agar dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit & kelamin.


Tanya Dokter
  • Mudah berbekas luka

    Izin bertanya dokter. Sepertinya kulit saya lebih sensitif beberapa tahun ini, saya baru menyadari setelah saya ingat2 perbedaan tiap tahunnya. Semisalnya, saya digigit nyamuk atau semut kecil kulit saya langsung memerah dan bisa menimbulkan bintilan lalu lama2 menghilang hitam. Ketika misalnya luka itu tergores/terbuka, maka bentuk lukanya itu seperti ada bagian putih dikelilingin daging berwarna merah muda. Ini terjadi dibagian betis dan kaki saya. Atau misalkan, ketika tangan saya tergenggam dikit saja pasti langsung berbekas merah meskipun tidak sakit atau sekedar digosok saja pasti langsung merah. Ini terjadi di bagian lengan saya. Lalu juga jari jari tangan saya seperti keriput kedinginan dan sedikit gemetar meskipun saya tidak merasa dingin. Mohon balasannya dokter, terima kasih. Karena bekas luka2 nya masih ada dan saya terus mengalami hal2 itu. Terima kasih dokter.

    1 balasan 21 Dec 2019 | 12:10 WIB
  • Eksim / Dermathitis

    Sy menderita eksim di jari dan telapak tangan (ada juga sedikit di kaki), sudah beberapa kali berobat ke dokter kulit tapi sembuh sebentar lalu kambuh lagi. Terakhir 2 minggu lalu sy berobat ke klinik spesialis KK di jl. Pangeran Jayakarta, Jak-pus. Dokter di klinik tsb memberikan obat paten dan juga sy di sinar (dermalight uv), hasilnya kulit sy saat ini sudah membaik, tapi sepertinya eksim sy mulai kambuh lagi sedangkan obat sudah habis.Tangan sy merasakan gatal-gatal lagi dan mulai timbul bintik berair dibawah lapisan kulit telapak tangan. Dokter di klinik waktu itu menyatakan bahwa penyakit sy ini tidak bisa disembuhkan dalam waktu sebentar dan sesekali berobat saja, dokter juga menyarankan kalau mau sembuh total saya harus test lab (food intolerant & IG specific), biaya total 2 test lab tsb cukup mahal sekira 14 jt. Yang sy mau tanyakan apakah memang seperti itu pengobatan yg sy harus lakukan? apakah tidak ada alternatip pengobatan atau test lab lain yang lebih murah? Mohon info juga rekomendasi dokter dimana sy bisa berobat utk penyakit saya ini. Terimakasih

    1 balasan 23 Jan 2020 | 02:16 WIB
  • Pengobatan Keloid

    Assalaamualaikum wr.wb Dokter, Anak saya waktu kelas 4 SD (MI), sakit cacar air, setelah sembuh ada beberapa benjolan dibagian punggungnya yang sampai sekrang tidak dapat hilang, saya takutnya dia pasti akan malu kalau sudah besar dan dewasa nanti, oleh karena itu mohon saran terbaik yang harus saya lakukan untuk pengobatan bekas cacar air (keloid) anak saya. sampai saat menulis email ini, belum pernah saya bawa berobat karena menunggu informasi terbaik untuk pengobatannya, benjolan keloidnya agak besar sehingga terasa mengganjal kalau diraba ketika dia berpakaian, saat ini sudah kelas 6 SD/MI. mohon saran dan masukannya untuk pengobatan terbaik bagaimana dan dimana. terimakasih sbelumnya dokter. Wassalaamualaikum wr.wb Hormat saya Imron muttaqin

    1 balasan 6 Mar 2019 | 18:48 WIB
  • Keloid setelah operasi mamae

    Selamat pagi dok, setahun yg maret 2018 saya di operasi mamae Di Rs. Al Benhil. Benjolan ( sebesar kacang tanah yg kecil berwarna merah kecoklatan) itu ada Di dinding belahan payudara kanan atas, ukuran 0,72 X 0,93 CM. Hasil USG mamae tidak ada kelainan pada kedua mamae, hanya ada kesan " Abses dinding dada dextra. Mengapa itu bisa terjadi ya dok. Apa penyebab benjolan itu tumbuh? Saya tidak ada riwayat keloid. Dan mengapa sekarang ada keloid di bekas sayatan operasi dan membesar? Jika saya tidur menyamping terasa perih di dalam bekas operasi itu dan terkadang terasa gatal. Mohon penjelasannya dr dokter dan apa yg hrs saya lakukan jika keloid makin membesar? Apakah di perdoski buka praktek juga? Jika iya saya ingin datang langsung. Terima kasih sebelumnya.

    1 balasan 11 Mar 2019 | 04:10 WIB
  • Mengobati Scar dan Keloid

    Salam Dokter, Ingin bertanya bagaimana cara mengobati scar dan keloid yang terjadi akibat luka agar tekstur kulit menjadi halus seperti semula? Apa saja pilihan tindakan untuk penyembuhan saya yang paling efektif? Terima kasih.

    1 balasan 17 Jan 2020 | 06:35 WIB
  • Jerawat di Miss V

    Selamat pagi dok.. Saya sari umur 22 tahun. Sudah 1 minggu ini saya memiliki keluhan ada beberapa jerawat di miss v, jerawat tersebut timbul setelah saya mencukur bersih bulu miss v tak bersisa. Akibatnya keesokan harinya terjadi luka seperti sariawan dan beberapa timbul jerawat. Luka tersebut perih, kadang panas, nyeri, dan menyakitkan saat BAK. Disertai keputihan yang tidak normal tapi masih berwarna putih susu. Padahal biasanya tidak pernah keputihan sama sekali. Sedang sakit apa ya dok saya berdasarkan keluhan diatas? Mohon dijawab. Terimakasih

    1 balasan 12 Jan 2020 | 20:47 WIB
  • kulit

    malam dok, sy mau tanya kenapa pada penderita moluskum kontaginosum dan kondiloma akuminata tidak diberikan terapi acyclovir? sedangkan virusnya sama dengan herpes zoster?

    1 balasan 8 Oct 2019 | 10:55 WIB
  • Hasil vdrl non reaktif

    Selamat malam dok, saya mau tanya hasil tes vdrl/RPR saya non reaktif dan hasil TPHA positif 1:80 ini artinya gimana ya dok??

    1 balasan 27 Jan 2020 | 14:55 WIB
  • Kiliy

    Saya ada beberapa pertanyaan dong 1. Sejak pulang kkn saya suka gatal gatal di paha lalu menyebar ke pantat dan hampir diseluruh badan, karna gatal jadi saya garuk, tapi lukanya susah kering, sudah diberi ketokonazol dan salep oleh dokter tapi masih gatal, lalu saat periksa lagi kata dokternya kalo ga karna jamur bisa jadi karna kutu 2. Infeksi kulit yang paling banyak terjadi pada orang Indo apa ya dok? Terutama yang disebabkan oleh bakteri 3. Kalau mau nyari prevalensi atau pengetahuan atau guideline tentang infeksi kulit, referensinya apa ya dok?

    1 balasan 12 Oct 2019 | 11:27 WIB
  • Alergi pada wajah

    Cara menyembuhkan alergi pada wajah gimana ya dok?muka saya jd merah-merah,gatal,kering,dan jd tebal akibat alergi terhadap salah satu produk skincare

    1 balasan 14 Oct 2019 | 01:59 WIB