PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)

15 Mar 2018 | 16:15 WIB

Sebenarnya Bolehkah Bayi Menggunakan Bedak?

Sebenarnya Bolehkah Bayi Menggunakan Bedak?

Ada aturannya untuk menggunakan bedak pada bayi.

Share:

Sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia, setelah bayi selesai dimandikan maka dioleskanlah minyak telon dan bedak. Hal ini dipercaya untuk menjaga kesegaran kulit, selain menghasilkan bau wangi khas bayi.

Namun beberapa anggapan masa kini menganggap bedak bayi sebenarnya tidak terlalu diperlukan karena dapat menyebabkan masalah pada sistem pernapasan. The American Academy of Pediatrics bahkan menyatakan bahwa bedak bayi bisa menyebabkan gangguan serius pada paru bila bayi menghirup serbuk bedak secara tak sengaja.

Manfaat bedak bayi

Pada dasarnya bedak dapat melindungi kulit bayi yang masih sensitif. Berguna pula bila ada gesekan pada kulit bayi dan menjaganya agar tak mudah lecet. Beberapa kandungan bedak pun ditengarai dapat memberikan efek sejuk dan menyerap keringat berlebih pada bayi. Sehingga sebenarnya penggunaan bedak bayi tidak dapat dikatakan terlarang sepenuhnya. Yang penting, saat dipakaikan bedak, kulit bayi tidak iritasi dan tidak mengalami reaksi alergi, serta dioleskan di area yang tepat.  

Dapat berbahaya bila…

Serbuk bedak bayi dapat meningkatkan risiko gangguan sistem pernapasan bagi bayi terutama yang lahir prematur (kurang bulan) atau bayi dengan riwayat penyakit jantung bawaan. Hal ini terjadi karena serbuk bedak dapat terhirup oleh si kecil melalui hidungnya. Konsultasikan pada dokter kulit anak, jika Anda ragu.

Syarat penggunaan bedak pada bayi

Sebelum menggunakan bedak pada bayi, teliti dahulu kandungan yang terdapat di dalam produk tersebut. Pastikan bayi Anda tidak alergi terhadap kandungan-kandungan tersebut.

Sebaiknya, saat digunakan, Hindari penggunaan di daerah wajah agar tidak mudah terhirup. Hindari pula area kelamin, lipatan kulit (ketiak, lipat paha) yang cenderung membuat bedak mengumpul ketika lembap dan menyebabkan  iritasi, infeksi dll.

Saat ingin memakaikan bedak, tuang dulu bedak ke tangan Anda, baru usapkan merata di area kulit yang dibutuhkan. Pastikan sebelum menggunakan bedak, kulit bayi bersih dan kering. Jika memungkinkan, hindari produk yang memiliki aroma berlebihan.


Tanda-tanda iritasi akibat bedak

Sebaiknya segera hentikan pemakaian bedak bila:

  1. Kulit bayi jadi kemerahan.
  2. Terdapat bengkak atau bruntusan di area yang dipakaikan bedak.
  3. Kulit bayi terasa panas.
  4. Bayi menangis dan rewel, terutama saat dipakaikan bedak.
1v1.LOL affen spiele jetzt spielen bloons td 5 unblocked kahoot bot spammer unblocked redspot tv
subway surfers online 1001 spiele kostenlos haberler ----------------------
sozyaz.com cheataimbot.com 1v1 lol unblocked aktüel ürünler kataloğu